tugas bahasa indonesia

PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA SAAT INI

Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. pada saat itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Kerapatan Pemuda dan berikrar (1) bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, (2) berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda.

Unsur yang ketiga dari Sumpah Pemuda merupakan pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 itulah bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional.

Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36).

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari macam-macam daerah dan suku. Di setiap daerah pasti memiliki bahasa dan kebudayaannya masing-masing. Jadi Indonesia memiliki berbagai macam bahasa dan keanekaragaman budaya dari masing-masing daerah dan suku yanga ada tersebut yang di kenal dengan bhinekha tunggal ika.

Meskipun Indonesia memiliki berbagai macam bahasa daerah dan keanekaragaman budaya, tetapi Indonesia memiliki satu bahasa yang telah ditetapkan menjadi bahasa resmi dan menjadi bahasa nasional negara yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga memiliki sejarah dalam perkembangannya. Manurut keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Kemudian seiring perkembangannya banyak berbagai bahasa asing yang masuk ke Indonesia, yang kemudian bahasa-bahasa asing tersebut mau tidak mau telah mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia di negaranya sendiri. Selain itu di Indonesia pada zaman modern seperti sekarang ini juga telah terdapat bahasa-bahasa yang justru lebih populer digunakan oleh masyarakat Indonesia sendiri dengan mayoritas digunakan oleh masyarakat kota, bahasa itu dikenal dengan ‘bahasa gaul’. Bahasa gaul sendiri lahir dari bahasa Indonesia namun, terdapat telah banyak mendapat perubahanan dan mayoritas yang lebih banyak menggunakan bahasa-bahasa asing atau bahasa-bahasa gaul tersebut di Indonesia adalah masyarakat kota yang saat ini sudah banyak terpengaruh dengan bahasa-bahasa tersebut, sedangkan masyarakat daerah masih banyak yang belum terpengaruh dengan bahasa-bahasa tersebut, bahkan mayoritas dari masyarakat daerah saat ini masih menggunakan bahasa daerah mereka bukan bahasa Indonesia yang telah diresmikan atau ditetapkan menjadi bahasa nasional.

Sedangkan bahasa asing yang telah masuk ke Indonesia dan juga telah menjadi bahasa internasional di dunia yaitu bahasa Inggris, dimana bahasa tersebut telah menjadi trend bahasa di Indonesia. Saat ini masyarakat di Indonesia menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa yang sangat penting untuk di pelajari. Karna selain bahasa Inggris menjadi salah satu kurikulum yang ada di sekolah mayoritas orang tua pada zaman sekarang begitu memprioritaskan anak-anak mereka untuk harus mampu mengerti dan menggunakan bahasa Inggris di dalam kehidupan mereka dengan alasan bahwa bahasa Inggris akan menjadi suatu bahasa yang sangat penting dan berguna untuk masa depan mereka nantinya.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan bahasa Indonesia di negaranya sendiri saat ini…? Pertanyaan itu sangat mudah untuk di jawab karna bahasa Indonesia saat ini seolah menjadi suatu bahasa yang terlupakan dan asing di negaranya sendiri. Seiring berkembangnya zaman bahasa Indonesia seolah terpuruk dari kejayaannya di masa lalu dan tersingkir dari persaingan oleh bahasa-bahasa asing dan bahasa-bahasa gaul yang justru lahir dari bahasa Indonesia itu sendiri. Coba anda perhatikan pada zaman sekarang ini sudah sangat sedikit orang asli Indonesia yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga baku dalam kehidupan bermasyarakat.

Entah bagaimana nasib bahasa Indonesia di negaranya sendiri pada masa depan. Menurut pendapat saya pribadi, setelah dilihat dari perkembangan bahasa Indonesia saat ini rasanya akan sangat sulit untuk kita bangsa Indonesia berbangga diri menyebut kalau bahasa Indonesia yang baik, baku dan benar adalah bahasa negeri ini.

Sumber :

http://www.balai bahasa bandung.com

http://www.mahayana-mahadewa.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: