Speech synthesis

Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.

Speech buatan dapat dibuat dengan potongan-potongan concatenating speech yang direkam disimpan dalam database. Sistem berbeda dalam ukuran speech yang disimpan unit; sebuah sistem yang menyimpan telepon atau diphones memberikan output terbesar jangkauan, tapi mungkin kurang jelas. Untuk keperluan khusus domain, yang menyimpan seluruh kata-kata atau kalimat memungkinkan output yang berkualitas tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan model sistem vokal dan karakteristik suara manusia lain untuk membuat yang benar-benar “sintetik” output suara.

Kualitas synthesizer speech dinilai oleh kesamaan dengan suara manusia dan kemampuannya untuk dipahami. Sebuah dimengerti text-to-speech program yang memungkinkan orang-orang dengan gangguan visual atau membaca cacat untuk mendengarkan karya-karya tulis di komputer rumah. Banyak sistem operasi komputer termasuk alat bicara sejak awal 1980-an.
Festival Speech Synthesis System

Festival adalah bahasa multi-sistem sintesis umum, awalnya dikembangkan di Centre for Speech Technology Research (CSTR) di University of Edinburgh. Kontribusi yang cukup besar juga telah disediakan oleh Carnegie Mellon University dan situs lainnya. Ini didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas mirip dengan BSD License.
Menawarkan teks penuh untuk sistem speech dengan berbagai API, serta suatu lingkungan untuk penelitian dan pengembangan sintesis berbicara teknik. Hal ini ditulis dalam C + + dengan perintah Skema seperti juru bahasa untuk kustomisasi umum dan ekstensi.

Festival ini dirancang untuk mendukung berbagai bahasa, dan datang dengan dukungan untuk Inggris (Inggris dan Amerika pengucapan), Welsh, dan Spanyol. Paket suara yang ada untuk beberapa bahasa lain, seperti Castile Spanyol, Ceko, Finlandia, Hindi, Italia, Bahasa Marathi, Rusia dan Telugu

sumber :

http://leokingarthur.blogspot.com/2009/11/speech-synthesis.html

http://montik-brownies.web.id/sartika/?p=73

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: